F Pertanyaan Yang Sering Di Ajukan Saat Wawancara Kerja Dan Tips Menjawabnya | Loker Sejabotabek

Pertanyaan Yang Sering Di Ajukan Saat Wawancara Kerja Dan Tips Menjawabnya

Berikut adalah Pertanyaan yang sering di ajukan dan tips menjawab pertanyaan dengan baik dan benar.
  • 1. CERITAKAN SEDIKIT MENGENAI DIRI ANDA
Pertanyaan ini menjadi mudah dijawab apabila anda menjadi diri sendiri, mengenali diri sendiri dan mempromosikan diri. Jangan hanya asal mengulang dari apa yang tertulis di cv anda, karena pewawancara pasti telah membacanya.
Menurut“Ron Fry”dalam bukunya yang berjudul“101 Toughest Interview Question, menyarankan agar kita selalu terfokus pada:
• Pencapaian terbaik di tempat anda berkerja sebelumnya
• Kekuatan yang tercermin dalam diri anda dalam pencapain tersebut
• Bagaimana kekuatan anda berguna untuk posisi yang anda lamar berikan contoh kinerja dan sifat anda selama ini yang dapat membuat mereka merasa anda adalah orang yang cocok untuk posisi yang ditawarkan.
Bentuk lain dari pertanyaan ini adalah“ Gambarkanlah diri anda dalam lima kata!”atau“ Kata-kata apa saja yang dapat mewakili anda ?”dan anda harus menjelaskan dengan menunjukan sikap sikap positif seperti perkerja keras, pantang menyerah, dapat berkerja dalam tekanan sambil menjelaskan bagaimana hal tersebut menggambarkan diri anda.
  • 2. APA KEKUATAN DAN KELEBIHAN ANDA
Hal yang perlu diingat mengenai pertanyaan ini adalah jangan membicarakan kelebihan yang anda miliki namun tidak ada kaitannya sama sekali dengan posisi yang sedang ditawarkan. misalnya, apabila posisi yang ditawarkan andalah marketing tonjolkan kelebihan-kelebihan anda dibidang sosialisasi seperti mudah bergaul, selalu berpikir positif, pantang menyerah, senang berkawan dan lain sebagainya.
  • 3. APA KELEMAHAN ATAU KEKURANGAN ANDA
Pada dasarnya pertannyaan ini sering ditanyakan dan tujuannya bukan untuk menjatuhkan anda, tetapi lebih kepada mengetahui bagaimana anda mengatasi kelemahan dan kekurangan tersebut, jadi pastikan setelah anda menyampaikan kelemahan atau kekurangan anda, jelaskan pula bagaimana mengatasi kelemahan tersebut, dan pastikan kelemahan yang anda sebutkan tersebut tidak terlalu merugikan anda.
Anda tidak perlu memilih kelemahan anda yang dapat menghancurkan kesempatan anda dan alihkan kelemahan anda menjadi kekuatan Berikut ini merupakan beberapa kekurangan dan kelemahan yang nyata yang dapat
menjadi kekuatan:
• Saya Cenderung Perfeksionis.
• Saya terlalu banyak menuntut pada diri sendiri.
  • 4. MENGAPA ANDA BERHENTI DARI PERKERJAAN SEBELUMMNYA
Hati-hati dalam menjawab pertanyaan ini, jangan pernah menjelek-jeleka?n atasan anda atau perusahaan tempat dulu anda berkerja. Sebaiknya berikan jawaban seperti “Tidak adanya kersempatan pengembangan karir” atau “ Ingin mencoba hal baru"
Anda juga harus bersiap-siap apabila ditanyakan mengenai orang teman yang dapat dihubungi di tempat anda berkerja dulu. Pertanyaan ini bisasanya untuk mengethaui apakah anda meninggalkan perkerjaan yang dulu baik-baik. Jadi sangat penting untuk punya teman baik di tempat anda berkerja dulu.
  • 5. BERAPA GAJI YANG ANDA HARAPKAN
Karena ini adalah masalah yang peka dan penting, ada sebaiknya anda mempersiapkannya terlebih dahulu. Banyak pakar perekrutan kerja menganjurkan anda menaikan 20-30% dari gaji terakhir yang anda terima, karena kebanyakan para pewawancara menjadikan gaji terakhir anda sebagai patokan bagi pemberi kerja yang baru.
Anda harus mengemas diri anda layak menerima gaji tersebut, jangan memasang gaji terlalu tinggi maupun terlalu rendah karena dapat merugikan diri anda sendiri. Anda dapat berkonsultasi kepada teman yang memiliki profesi sama pada kota atau wilayah yang sama, karena kota yang berbeda memiliki standar gaji yang berbeda pula.
  • 6. APA YANG ANDA KETAHUI MENGENAI PERUSAHAAN KAMI? MENGAPA ANDA MEMILIH PERUSAHAAN INI
Biasanya pertanyaan ini diberikan oleh pewawancara dari perusahaan-perusahaan besar, dan biasanya mereka memiliki alamat website sehingga memudahkan anda untuk mempelajari mengenai perusahaan tersebut.
Pastikan anda mempelajari mengenai perusahaan mereka dan dapat menjawab mengenai perusahaan pewawancara sehingga mengesankan anda menaruh minat yang lebih terhadap perusahaan tersebut.
Hindari memberikan jawaban“ Saya meilih perkerjaan ini karena saya butuh perkerjaan”atau?“ Saya memilih perusahaan ini kerena memiliki reputasi yang baik”tetapi jelaskan dan ditambahkan sedikit pujian. mengapa perusahaan ini memiliki reputasi baik di mata masyarakat sehingga memberikan kesan anda telah mengenali perusahaan mereka.
  • 7. KEMANA ANDA MELIHAT DIRI ANDA 5-10 TAHUN KEDEPAN
Pertanyaan ini bisanya untuk melihat tingkat keseriusan dan minat anda terhadap posisi yang ditawarkan, ataukah anda hanya menjadikannya batu loncatan sambil menunggu mendapatkan perkerjaan yang lebih baik. Anda sebaiknya menjawab pertanyaan ini dengan etos anda berkerja, dan nilai-nilai anda berkerja secara profesional serta stategi-strategi anda untuk mencapai hal tersebut.
  • 8. KENAPA KAMI HARUS MENERIMA ANDA
Pertanyaan ini adalah untuk mengukur tingkat percaya diri seseorang, karena itu anda harus dapat memaparkan kelebihan-kelebihan anda yang berguna bagi perusahaan ini dengan percaya diri dan tulus. Hati-hati dalam mengungkapkan jangan sampai anda dianggap terlalu sombong atau membual.
  • 9. PERTANYAAN-PERTANYAAN ANEH
Contoh pertanyaan-pertanyaan aneh yang dimaksud seperti:“ Apabila anda dilahirkan kembali dan dan disuruh memilih antara menjadi kucing atau menjadi pohan, apa yang anda pilih?” Pertanyaan ini adalah untuk menguji peserta wawancara dalam menghadapi masalah yang sulit, atau jalan buntu masalah yang tak terduga.
Untuk menyiasati pertanyaan-pertanyaan seperti ini anda harus bersikap tenang, menjawab yang menurut anda benar dan berikan alasan anda secara percaya diri. contoh: saya memilih menjadi pohon agar bisa melindungi bumi dan lain-lain.
Semoga Bermanfaat